Segudang Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Di Kota-kota besar, sakit maag sangat merakyat. Hal ini dikarenakan kesibukan menjalankan aktivitas sering membuat kita menunda waktu makan. Jika kebiasaan ini sering dilakukan, maka bisa anda pastikan sakit maag akan menyerang.

Makan sebaiknya harus tepat waktu dengan pola makan yang teratur. Namun, lokasi tempat makan yang jauh dan tuntutan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan seringkali membuat kita melewatkan waktu makan. Untuk menyiasatinya, anda sebaiknya selalu menyediakan makanan siap santap di meja anda. Namun, harus di ingat juga mesti makanan siap saji yang sehat dan alami yahh tidak membahayakan tubuh bila dikonsumsi secara terus menurus. Untuk itu kami berikan saran yaitu dengan makan pisang. Kenapa pisang ?

Buah pisang mengandung gizi yang sangat lengkap. Mulai dari karbohidrat, mineral (kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor) selain itu juga terdapat kandungan vitamin seperti vitamin C, B, B6, dan B12 dan juga mengandung serat sangat tinggi. Berikut ini rincian kandungan yang terdapat pada buah pisang:

Rincian gizi pisang ukuran sedang (sekitar 126 gr) dianggap satu porsi. satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gr karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral:

  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg

Segudang Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

buah pisang

Tahukah anda buah pisang yang merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia untuk alasan yang baik bagi kesehatan ini berbentuk melengkung yang dibungkus dengan segudang gizi tinggi. Banyak manfaat kesehatan yang didapatkan bila anda mengkonsumsi buah pisang salah satunya yaitu sebagai mencegah asam lambung atau penyakit maag. Namun, tidak hanya itu. Buah pisang juga memiliki manfaat lainnya seperti;

  • Membantu melancarkan peredaran darah

kandungan potasium pada pisang sangat baik dalam membantu peredaran darah. Kandungan kalium membantu mengatur tekanan darah. Sehingga hal ini dapat menekan risiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

  • Membantu melancarkan sistem pencernaan pada usus

Serat yang terkandung pada pisang sangat baik dalam mengurangi risiko sembelit. Mencampur pisang dengan segelas susu, dapat membantu mengurangi risiko penyakit usus seperti yang berbahaya seperti terjadinya gejala kanker usus besar. Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pada pisang.

  • Membantu menjaga kesehatan mata

Pisang memiliki sejumlah vitamin A yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari dan pria membutuhkan 900 mikro gram. Satu pisang sebesar 6 inci memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

  • Menormalkan fungsi jantung

Dengan mengkonsumsi buah pisang setiap sarapan akan menambah nutrisi untuk tubuh mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut dengan elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel diseluruh tubuh dan laur dalam cairan sel.
Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasusu kekurangn kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur yang dapat mematikan.

  • Membantu mengurangi keasaman dan mencegah iritasi pada lambung

Pisang memiliki kemampuan mengurangi kadar asam lambung. Oleh karena itu, buah ini ideal untuk mengatasi gejala tukak lambung.

Pisang memicu tubuh memproduksi mukus kental sehingga melindungi lambung dari asam. Selain itu, pisang juga membantu menghilangkan bakteri patogen yang bertanggung jawab menyebabkan ulkus.

Manfaat buah pisang bagi kesehatan sugan tidak diragukan lagi. Buah yang satu ini memang multi guna, maka tidak heran banyak jenis makanan yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar ataupun pendamping dalam sajian makanan mereka.

| Segudang Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

 

 

Artikel Terkait

Tips Alami Meringankan Sakit Asam Lambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s