Faktor Pemicu Timbulnya Gejala Asam Lambung

Asam lambung bukan nama sebuah penyakit namun zat yang berada didalam tubuh yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengolah protein, membuat produksi enzim yang melawan kuman dan bakteri, membantu dalam melakukan penyerapan terhadap vitamin B12 yang dibutuhkan tubuh untuk membantu produksi darah merah dan menjaga sistem otak dan syaraf.

Apabila asam lambung tinggi atau terlalu rendah maka akan menyebabkan kondisi atau penyakit khusus. Ketidakseimbangan asam lambung yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan hal inilah yang sering disebut dengan penyakit asam lambung.

Faktor Pemicu Timbulnya Gejala Asam Lambung

pola makan
Terdapat beberapa faktor pemicu terjadinya gejala asam lambung, seperti misalnya

  1. Orang yang mengalami kekurangan vitamin dan mineral sehingga rentan terhadap gangguan asam lambung. Vitamin dan mineral penting untuk menjaga keseimbangan asam lambung sehingga tubuh menjadi nyaman.
  2. Orang yang sedang melakukan diet ketat. Hal ini dikarenakan diet yang tidak memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh. Biasanya orang yang sedang diet memiliki asam lambung yang terlalu tinggi.
  3. Konsumsi makanan yang terlalu pedas sehingga dapat meningkatkan asam lambung, tidak hanya itu, mengkonsumsi dalam jumlah banyak akan membuat penderita sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya.
  4. Kurang penyerapan nutrisi pada lambung. Hal ini disebabkan karena asupan yang kurang mendukung hipoklorida sehingga lambung tidak bisa memproduksi asam lambung.
  5. Gangguan emosi seperti stres. Stres menjadi salah satu peneybab naiknya produksi asam lambung yang sering manjadi penyakit maag atau gangguan lambung.
  6. Konsumsi alkohol yang berlebihan. Hal ini memiliki efek yang sangat buruk untuk lambung karena bisa menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.
  7. Adanya infeksi bakteri seperti misalnya bakteri Helicobater Pylori yang menyebabkan tubuh tidak dapat menghasilkan asam lambung. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh manusia dari makanan atau minuman yang kurang bersih.
  8. Orang lanjut usia lebih rentan terhadap gangguan asam lambung karena sistem tubuh mereka tidak bisa memproduksi asam lambung yang seimbang. Karena itu, mereka lebih rentan kembung atau diare.
  9. Konsumsi makanan yang mengandung serat berlebihan. Serat dapat menyebbakan organ pencernaan membutuhkan waktu khusus untuk mencerna makanan dan hal ini akan membuat produksi asam lambung terus meningkat.
  10. Kanker yang menyerang lambung. Jenis kanker yang menyerang lambung juga dapat menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan.
  11. Waktu makan yang tidak teratur. Orang yang makan secara tidak teratur dapat menyebabkan gangguan sistem pada pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena jarak waktu kerja sistem encernaan yang terlalu jauh sehingga menyebabkan kenaikkan asam lambung
  12. Orang yang istirahat secara tidak teratur atau sering kurang tidur memiliki potensi yang besar untuk memproduksi asam lambung yang berlebihan.
  13. Konsumsi kafein yang berlebihan. Kafein ini berasal dari kopi bisa meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

Nah, itulah beberapa faktor pemicu timbulnya gejala asam lambung. Apabila anda kerap melakukan gaya hidup diatas, segeralah lakukan perubahan terhadap gaya hidup anda untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

| Faktor Pemicu Timbulnya Gejala Asam Lambung

Artikel Terkait

Kebiasaan Sehat Di Pagi Hari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s