Jenis Makanan Yang Tidak Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Lambung merupakan asam yang sangat penting dibutuhkan untuk membantu mencerna makanan selama proses pencernaan. Ketika kelenjar lambung mengeluarkan asam secara berlebihan, maka akan menimbulkan kondisi yang disebut dengan asam labung tinggi atau dispepsia. Penyebab sekresi asam lambung berlebih dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, termasuk minuman beralkohol,makanan terlalu pedas, konsumsi obat-obatan antiinflamasi dan beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk penderita asam lambung.

Jenis Makanan Yang Tidak Baik Untuk Penderita Asam Lambung

minuman berkafein

  • Hindari jenis makanan yang bersifat asam dalam porsi jumbo karena hal ini dapat meningkatkan potensi naiknya asam lambung.
  • Makanan yang digoreng berlemak. Gorengan, makanan tinggi lemak dapat akan membuat gejala asam lambung bertambah dan mempengaruhi organ pernapasan. Hal ini dikarenakan makanan dengan kadar lemak tinggi cenderung sukar dicerna sehingga membuat lambung bekerja ekstra keras dengan menghasilkan lebih banyak cairan asam.
  • Cokelat, meskipun cokelat kebanyakan rasanya manis tetapi asamnya juga tinggi.
  • Buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti jeruk, mangga, kedondong, tomat dan buah dengan rasa asam lainnya, karena dapat meningkatkan asam lambung.
  • Makanan pedas harus dikurangi seperti cabai, bawang merah, bawang putih, lada dan makanan sejenisnya.
  • Khusus untuk jahe diperbolehkan selama tidak berlebihan, bahkan jahe bisa dijadikan obat herbal asam lambung.
  • Kubis dan brokoli perlu dikurangi dari diet anda karena disinyalir sayuran tersebut dapat memicu meningkatnya asam lambung.
  • Minuman bersoda juga harus dihindari karena cenderung memicu gas dalam lambung sehingga membuat rasa kembung dan menyebabkan kita sering bersendawa. Minuman bersoda juga dapat memicu produksi asam lambung yang berlebih.
  • Minuman berkafein juga dapat meningkatkan sekresi asam lambung sehingga harus dihindari, seperti kopi, teh, dll.

Selain jenis makanan diatas, cara makan juga dapat mempengaruhi penyakit lambung. Dengan demikian, makanlah dalam porsi kecil namun sering. Kalau makan dalam porsi banyak sekaligus akan membuat makanan lebih sulit untuk dicerna dalam lambung akibatnya asam lambung yang di produksi lebih banyak sehingga lebih mungkin untuk naik.

Untuk itu, ubahlah gaya hidup dan pola hidup anda untuk menuju ke kehidupan yang berkualitas. Semoga sajian artikel kami bermanfaat dan dapat mencegah naiknya asam lambung.

| Jenis Makanan Yang Tidak Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Artikel Terkait

Faktor Pemicu Timbulnya Gejala Asam Lambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s