Inilah Bahaya Apabila Tidur Setelah Makan

Tidak jarang dari kita setelah makan besar lalu mengantuk dan ingin tidur. Namun, tahukah anda dari bahaya apabila tidur setelah makan?

Rasa kantuk yang terjadi setelah makan merupakan hal yang wajar, dikarenakan nutrisi yang masuk dalam tubuh dari makanan yang kita konsumsi. Nasi mengandung glukosa yang dapat menghambat kerja sel-sel neuron.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Inggirs, menyatakan bahwa “Kadar glukosa yang jumlahnya banyak dapat menimbulkan rasa kantung yang begitu hebat. Glukosa dapat pula menghentikan sinyal-sinyal aktif ke otak danternyata juga mampu menutup neuron-neuron penghasil protein mikro yang menjaga kesadaran tubuh manusia”.

Inilah Bahaya Apabila Tidur Setelah Makan

bahaya tidur setelah makanBerikut dibawah ini beberapa bahaya tidur setelah makan:

  • Obesitas

Setiap makanan dan cemilan yang masuk ke dalam tubuh anda memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.

Ketika asupan kalori masuk ke dalam tubuh anda, dan tidak ada aktivitas lain yang anda lakukan, maka kalori tersebut tidak akan terbakar, dan malah akan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh tanpa adanya proses pembakaran akan sangat membantu anda menambah berat badan secara drastis, dan pada akhirnya akan mengakibatkan kegemukan atau obesitas.

Baca Juga: Kebiasaan Sehat di Pagi Hari

  • Diabetes

Diabetes merupakan efek domino dari terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh anda dan kegemukan yang disebabkan oleh kebiasaan tidur setelah makan

  • Serangan jantung

Serangan jantung dapat terjadi sebagai akibat lemak yang menumpuk, dan memiliki resiko menyumbat bagian – bagian pembuluh darah anda. hal ini akan meningkatkan resiko anda dalam mengalami serangan jantung, disamping faktor-faktor lainnya. Penumpukan lemak tersebut dapat terjadi karena kebiasaan buruk dalam makan sebelum tidur, yang membuat lemak dan kalori tidak akan terbakar.

Ketika anda mengkonsumsi suatu makanan, maka asam lambung anda akan keluar dan bekerja. Namun, ketika anda langsung berbaring, maka asam lambung akan naik ke atas, terutama ke bagian tenggorokan dan kerongkongan anda. Hal ini akan menimbulkan efek perih dan sakit di kerongkongan atau tenggorokan anda ketiga anda bangun pada pagi hari keesokan harinya.

  • Heart Burn

Hal ini sama-sama disebabkan oleh asam lambung yang naik ke bagian rongga dada anda, sehingga menimbulkan efek panas dan tidak nyaman pada bagian rongga dada anda. Namun demikian, kondisi heart burn ini jarang terjadi, pada kondisi normal.

Baca Juga: Cara Mencegah Naiknya Asam Lambung

  • GERD (Gasteophageal Reflux)

GERD atau Gasteophageal Reflux merupakan domino effect dari heart burn. Apabila anda merasakan gejala heart burn yang sering muncul ketika anda mengkonsumsi makanan berat ataupun camilan sebelum anda tidur, maka kemungkinan anda menderita GERD atau Gasteophageal Reflux).

Itulah beberapa bahaya apabila tidur setelah makan. Maka dari itu, hindari kebiasaan buruk diatas untuk mencegah dan menjaga kesehatan anda.

| Bahaya Apabila Tidur Setelah Makan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s