Brokoli Ampuh Membunuh Bakteri Penyebab Infeksi Lambung

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 80% sampai 90% penduduk di negara-negara berkembang bisa dipastikan terinfeksi bakteri H. Pylori, yakni bakteri penyebab borok lambung yang bisa berkembang menjadi kanker lambung yang cukup mematikan.

Brokoli Ampuh Membunuh Bakteri Penyebab Infeksi Lambung

Dalam sebuah studi di Jepang, para ahli menemukan fakta bahwa mengkonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama 2 bulan dapat melindungi menusia dari bakteri perut yang terkait penyakit maag, infeksi lambung, dan kanker perut. Zat yang terdapat dalam brokoli yang paling penting untuk mencegah urusan lambung adalah sulforaphane juga mampu meningkatkan produksi enzim di hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen (penyebab kanker) dan mengeluarkannya dari sel. Selain itu, sulforaphane memiliki kemampuan untuk membunuh Helicobacter pylori (kuman pengganggu kerja lambung). Dan dalam dunia medis, kuman tersebut adalah penyebab utama luka dan kanker dan lambung.

Baca Juga: Obat Sakit Asam Lambung Akut

Selain untuk urusan lambung, peneliti dari Universitas Warwick meyakini jika sulforaphane dalam brokoli memiliki peran dalam memulihkan kembali pembuluh darah yang rusak akibat tingginya kadar gula darah (hiperglikemia), yang berkaitan erat dengan diabetes.

Brokoli dengan nama latin Brassica Oleracea merupakan tanaman sayuran dalam suku kubis-kubisan. Brokoli mengandung nutrisi, fivonoid dan serat. Sehingga sangat baik untuk membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit, konstipasi atau susah BAB.

Untuk mendapatkan khasiat dari brokoli, berikut ini cara mengolah brokoli yang benar. Brokoli bisa anda konsumsi langsung dengan memilih brokoli yang berwarna hijau gelap dan bertekstur jelas kasar. Atau bisa juga dijadikan lalapan atau dibuat salad dengan dicampur sayuran lain. Selain itu, bisa juga dengan cara direbus dengan waktu 5 menit 1 inchi diatas air mendidih. Karena kandungan sulforaphane bisa hilang bila brokoli terlalu lama dimasak. Dan perlu diketahui, kandungan sulforaphane dalam brokoli segar lebih tinggi dibanding pada brokoli yang direbus atau kukus terlalu matang.

Baca Juga: Khasiat Bawang Bombai Bagi Kesehatan Tubuh

Bila ingin mencuci brokoli, sebaiknya Anda lakukan dengan mencucinya pada air kran yang dingin. Dan sebaiknya Anda jangan merendam brokoli karena zat aktif maupun nutrisinya dapat larut dalam air.

Itulah khasiat mengkonsumsi brokoli bagi kesehatan lambung. Semoga sajian artikelnya bermanfaat dan semoga lekas sembuh. Aamiin

| Khasiat Mengkonsumsi Brokoli Bagi Organ Lambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s