Faktor Pemicu yang Memperlambat Metabolisme Tubuh

Setiap sel dalam tubuh Anda berperan dalam metabolisme energi. Proses mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi yang membuat jantung Anda berdetak, paru-paru memompa dan otot-otot bergerak. Semakin cepat metabolisme Anda, semakin banyak pula kalori yang Anda bakar.

Untuk menaikkan kecepatan metabolisme Anda caranya yaitu dengan rajin berolahraga rutin. Seperti yang Anda tahu, bahwa semakin tinggi metabolisme tubuh maka semakin baik pula. Meski demikian, namun terdapat beberapa hal yang tanpa Anda sadari dapat melemahkan metabolisme tubuh. Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Berikut ini 5 faktor pemicu yang memperlambat metabolisme tubuh.

Faktor Pemicu yang Memperlambat Metabolisme Tubuh

faktor-pemicu-yang-memperlambat-metabolisme-tubuh
Gen
Adalah salah satu hal yang menentukan lambat atau tidaknya metabolisme tubuh. Namun, sayangnya Anda tidak bisa mengubah gen tersebut. Tetapi Anda dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh Anda yang lemah dengan banyak berolahraga. Untuk itu, cobalah untuk menyisipkan waktu berolahraga setiap hari.

Kurang tidur
Seperti yang Anda tahu, tidur dapat membantu metabolisme tetap stabil. Sehingga, ketika Adna ikurang tidur, maka akan mengacaukan sistem metabolisme tubuh. Kacaunya metabolisme ini memperbesar tubuh Anda mengalami obesitas atau diabetes. Untuk itu, cobalah untuk memenuhi kebutuhan tidur harian Anda selama 7-9 jam per hari.

Diet ketat
Diet ketat dapat membuat Anda kesulitan untuk membakar kalori sehingga melemahkan proses metabolisme. Diet yang baik yaitu sebuah penurunan berat badan yang realisits dan tidak drastis.

Kurang kalsium
Kalsium bukan baik untuk tulang saja, namun juga untuk mempercepat proses metabolisme tubuh. Maka dari itu, dianjurkan bagi Anda mengonsumsi kalsium dari susu dan juga produk susu.

Kurang air
Kurang cairan juga dapat melemahkan metabolisme Anda. Hal ini dijelaskan dalam beberapa study yang menunjukkan bahwa air dapat membantu tubuh membakar energi dan bahan bakar untuk membakar lemak. Oleh karena itu, untuk menjaga metabolisme tubuh, Anda harus mencukupi kebutuhan Air Anda. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar air alami seperti semangka dan mentimun.

Nah itulah beberapa cara untuk meningkatkan sistem metabolisme. Bagi Anda yang mengalami masalah pada sistem metabolisme Anda, Anda bisa melakukan cara-cara diatas sebagai solusinya. Semoga lekas sembuh dan sehat seperti sedia kala lagi yah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s